Oleh: senoan | September 6, 2008

Manfaat puasa

Ramadhan telah tiba, umat muslim di seluruh dunia sedang menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan penuh di bulan penuh berkah ini.

Alloh tidak pernah memerintahkan kita sesusatu bila kita tidak mampu dan tidak ada manfaatnya dan puasa merupakan hal yang penuh manfaat dan bisa di lakukan oleh umat-Nya. Seperti Umat muslim semua ketahui puasa adalah saran mendekaktkan diri kepada Alloh, menjaga dan memelihara hati kita dari sifat duniawi, ikut merasakan penderitaan orang-orang tidak bisa makan, dan masih banyak lagi.

Kali ini penulis ingin mencoba membagi tentang manfaat puasa dari segi kesehatan.

Tubuh kita ini bila di ibaratkan dengan mesin maka dalan suatu masa harus di istirahatkan dan dirawat sebab bila tidak akan mengakibatkan sesuatu yang lebih fatal. Hal ini telah di buktikan oleh berbagai penelitian ilmiah dan terperinci terhadap organ tubuh manusia dan aktifitas fisiologisnya. Cara yang paling mudah dan murah adalah Puasa, dengan puasa satu bulan penuh di bulan ramadhan akan mengistirahatkan dan membersihkan tubuh kita dari segala sesuatu yang tidak baik bagi tubuh kita, ibaratnya mobil di total service. Semua zat-zat jahat dan zat-zat berlebih yang mengendap dalam tubuh insya alloh akan di buang, sehingga tubuh kita akan terasa seperti โ€baruโ€ lagi.

Puasa Mencegah Tumor

Rasa lapar kita akan secara alamiah akan menggerakkan organ-organ internal tubuh kita untuk menghancurkan atau memakan sel-sel yang rusak atau lemah untuk menutupi rasa lapar kita. Setelah sel-sel rusak hilang secara otomastis tubuh kita akan menggantinya dengan sel-sel baru yang lebih baik. Selain itu Puasa juga bisa mencegah masuknya zat zat berbahaya seperti kelebihan kalsium, kelebihan daging, kelebihan lemak sehingga bisa mencegah terjadinya tumor.



Puasa menyembuhkan Penyakit-Penyakit Kulit

Selama puasa kandungan air dalam darah dan kulit akan berkurang karena aktifitas kita, hal ini bisa menyebabkan :

  1. Menambah kekuatan kulit dalam melawan mikroba dan penyakit-penyakit mikroba dalam perut.
  2. Meminimalisir kemungkinan penyakit-penyakit kulit yang menyebar di sekujur badan seperti sakit psoriasis (sakit kulit kronis).
  3. Meminimalisir alergi kulit dan membatasi masalah kulit berlemak.

Puasa mengurangi resiko diabetes

Bila kadar gula dalam darah meningkat, kelenjar pancreas kita akan mengeluarkan insulin untuk menetralkannya. Selama puasa kita meminimalisir makanan yang masuk kedalam tubuh kita, secara otomastis makanan yang bisa memicu naiknya kadar gula dalam darah menjadi sedikit. Hal ini memberikan kesempatan kepada kelenjar pankreas kita untuk beristirahat sehingga ia akan siap untuk kerja berat melindungi darah dari kadar gula berlebih untuk 1 tahun kedepan. Dengan demikian resiko terkena penyakit diabetes akan berkurang.



Puasa Mencegah “Penyakit Orang Kaya”

Apa sih penyakit orang kaya? Istilah penyakit orang kaya (nacreous) adalah kelebihan makanan dan terlalu sering makan daging, sebab orang yang tidak mampu tidak akan sanggup untuk makan berlebih dan sering makan daging.

Apa bahanya masalah ini (selain berat badan berlebih)? Tubuh kita tidak akan bisa mengurai semua protein yang ada di dalam daging, sehingga akan menyebabkan tumpukan kelebihan urine dalam persendian, khususnya pada persendian jari-jari besar dikaki.saat persendian terkena penyakit nacreous akan membengkak, memerah, disertai nyeri yang sangat.terkadang kadar garam pada air kencing berlebih dalam darah, kemudian mengendap di ginjal dan akhirnya mengkristal.

Puasa akan mengkontrol kita dalam hal makan, dan seperti dijelaskan diatas akan membuang kelebihan zat yang ada di dalam tubuh kita, sehingga penyakit ini pun bisa di cegah dengan puasa.

Kiat berpuasa

Pertama yang harus dilakukan adalah berniat untuk berpuasa. Adanya niat akan berpengaruh kepada diri kita secara psikologis, bahwa kita pasti kuat puasa, tahan terhadap segala godaan dan akan lebih meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan.Kita harus belajar mengendalikan nafsu, melatih kesabaran dan melatih disiplin. Hal ini akan berguna di dalam kehidupan kita sehari-hari.
Puasa bukan menjadi alasan kita untuk menjadi malas, hanya saja kita jangan sampai terlalu letih. Sebaiknya kita mengurangi kegiatan-kegiatan yang kurang perlu. Karena otomatis waktu tidur kita berkurang, bila kita harus bekerja di siang hari tentu sering diserang kantuk yang hebat. Untuk itu, waktu tidur malam jangan terlalu banyak dikurangi. Usahakan untuk bisa tidur setelah makan sahur, walaupun hanya sebentar sangat membantu.
Usahakan tetap olahraga, agar aliran darah tetap lancar serta kebugaran tubuh terjaga. Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, naik sepeda, dan lain-lain. Jangan sampai mengeluarkan banyak keringat. Waktu berolahraga yang baik adalah menjelang buka puasa.

Tips makan selama bulan puasa


Makanlah secara teratur untuk buka puasa dan sahur dengan menu seimbang. Maksudnya adalah makanan yang terdiri dari karbohidrat 50-60%, protein 10-20%, lemak 20-25%, cukup vitamin dan mineral dari sayur dan buah. Selain itu, cukup serat dari sayuran untuk memperlancar buang air besar.
Cukup cairan, dengan minum kurang lebih 7-8 gelas sehari. Terdiri dari 3 gelas waktu sahur dan 5 gelas dari buka sampai sebelum tidur.
Pembagian makan adalah 50% untuk berbuka, 10% setelah sholat tarawih, 40% pada waktu sahur.

Menu yang dipilih yaitu pada waktu buka, terdiri dari makanan pembuka berupa minuman manis atau makanan manis, seperti kolak pisang, kurma atau teh manis. Makanan manis mengandung karbohidrat sederhana yang akan mudah diserap dan segera menaikkan kadar gula darah. Setelah sholat magrib makan makanan pelengkap yang terdiri dari: nasi atau pengganti nasi, ayam/ikan/daging, tahu/ tempe, sayuran dan buah.

Setelah tarawih dapat makan camilan berupa roti atau buah. Makan sahur harus dipentingkan, karena sahur yang baik membuat puasa tidak terasa berat.
Hidangan sahur seperti waktu buka, namun porsinya lebih kecil. Dianjurkan makan dengan kadar protein tinggi, agar meninggalkan lambung lebih lama. Selain itu pencernaan dan penyerapan juga lebih lama dibanding makanan yang kadar karbohidratnya tinggi, sehingga tidak cepat terasa lapar.
Saat makan sahur dapat ditambahkan segelas susu, terutama untuk anak-anak dan remaja. Pada orang dewasa dapat minum susu tanpa lemak. Suplemen multivitamin dan mineral boleh dikonsumsi pada waktu sahur, agar meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Apabila tidak bisa makan sahur dalam bentuk nasi, nasi boleh diganti dengan roti dan isinya atau bubur havermouth, ditambah satu gelas susu. Bila tidak bisa makan nasi atau roti, bisa minum segelas susu yang berkalori seperti Ensure, Entrasol, Peptisol, Enercal Plus, Nutren Fiber dan lain-lainnya, disertai buah

Sumber :

http://www.mail-archive.com/
<!–
var prefix = ‘ma’ + ‘il’ + ‘to’;
var path = ‘hr’ + ‘ef’ + ‘=’;
var addy80159 = ‘hira’ + ‘@’;
addy80159 = addy80159 + ‘alumni-hira’ + ‘.’ + ‘org’;
document.write( ‘<a ‘ + path + ‘\” + prefix + ‘:’ + addy80159 + ‘\’>’ );
document.write( addy80159 );
document.write( ‘<\/a>’ );
//–>\n
hira@alumni-hira.org
<!–
document.write( ‘<span style=\’display: none;\’>’ );
//–>
Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya
<!–
document.write( ‘</’ );
document.write( ‘span>’ );
//–>
/msg01376.html

http://www.gizi.net/cgi-bin/berita/fullnews.cgi?newsid1036128399,33212,

Di tulis juga di http://www.smu29kr.com


Responses

  1. Wah bagus sekali artikel nya, bisa menjadi banyak masukan nih.
    Makasih ya!

    saya sedang menulis perihal Psoriasis di blog saya. silakan berkunjung ya!

    http://distributor4lifeindonesia.wordpress.com/2008/12/21/obat-psoriasis-adalah-transfer-factor/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: