Oleh: senoan | Mei 1, 2011

NVIDIA Optimus

Bagi para pencinta komputer pastinya tahu dengan Brand NVIDIA. Yup, Nvidia adalah salah satu produsen Video Graphic Cards (VGA) yang terkemuka di dunia. Kemampuan Nvidia dalam video processing memmang sudah terkenal dan terbukti. Seperti di ketahui, tidak hanya PC yang bisa menggunakan VGA Nvidia, bahkan Laptop atau notebook pun ada yang menggunakan Nvidia yang bisa mendongkrak performance Video dari laptop/ notebook yang bersangkutan.

Ok, sekarang kita mulai. Apa sih NVidia Optimus?
Nvidia Optimus adalah suatu teknologi dari Nvidia untuk seri VGA notebook / laptop terbarunya untuk penggunaan Video grafik yang lebih optimal.
Seperti diketahui, Nvidia Graphic cards memang memiliki performace yang sangat bagus jika dibandingkan dengan Intel Graphic cards. Tentu Saja performa tinggi juga akan membutuhkan energi yang lebih banyak, sebaliknya untuk Intel graphic akan lebih sedikit membutuhkan energi.
Laptop/ notebook model terbaru yang mengusung VGA Nvidia, secara fisik akan menggunakan 2 VGA yaitu Intel dan NVIDIA. Kedua VGA akan di gunakan menurut kebutuhan. Bila hanya untuk browsing atau membuat dokumen, VGA yang aktif adalah intel. Bila menggunakan program aplikasi yang memerlukan performance Video tinggi seperti aplikasi pengolahan grafis, Video ataupun Game maka secara pintar komputer akan langsung mengaktifkan Vga Nvidia dan mengnonaktifkan VGA intel.
Dengan teknologi ini maka kita bisa efesiensi energi dan lama penggunaan batterai akan lebih lama. untuk Lebih detail, anda bisa mendownload NVIDIA optimus White Paper di sini
Secara manual anda bisa memilih program aplikasi mana saja yng perlu menggunakan Intel VGA atau Nvidia VGA.

Apa sih hebatnya ?
Switching otomatis, cukup jalankan Program aplikasi.
Tidak ada Flicker sewaktu “Switching”
Proses Switching yang sangat cepat
Pengguna bisa memilih program mana yang perlu Nvidia dan yang tidak.

Pasti ada kekurangannya dong?
Setiap kelebihan pasti ada kekurangaan.
Sampai tulisan ini di buat, NVIDIA Optimus hanya bisa berjalan pada OS Windows 7. Selain windows 7 yang terdeteksi hanya Intel graphics. Ini akan menjadi masalah bagi yang suka Operating system selain Windows 7.
Integrated Intel VGA tidak bisa di non aktifkan dan akan berjalan sebagai default VGA.
Penulis pernah pengalaman Nvidia tidak mau auto switch. Kalau sudah begini, tidak ada yang bisa kita lakukan untuk manual switching. Yang bisa di lakukan adalah dengan update driver (berhasil untuk penulis) yang bisa di download dari Nvidia website.


Tanggapan

  1. cara update driver nya gmna..??? apa yang harus di di download…. masabuat game berat kuat,, tapi buat game kecil alah ga kuat… Warcraft sama PES saya jelek bgt graphic nya.. dah gitu lag pukla

    • untuk update driver terbaru dari website NVIDIA silahkan klik di SINI, silahkan pilih tipe VGA notebook anda.
      Saya juga pernah baca di beberapa forum, untuk merek dan tipe notebook tertentu disarankan untuk menggunakan driver yang ada pada website vendor notebook yang bersangkutan walaupun versinya lebih lama dari yang ada di website NVIDIA.

  2. vga gue kan ada 2, intel hd graphich ama nvidia geforce 2gb, nah gue pengin pake cuman yang nvidianya ja gimana tuh caranya, soalnya pas maen game yang ke deteksi malah intel hd graphich nya, ya otomatis kan gan suport ama game nya.

    • Menurut pengalaman saya kita tidak bisa milih hanya NVIDIA saja atau intel saja. Karena menurut informasi teknologi Optimus memang di desain untuk auto switch VGA ke NVIDIA kalau load grafisnya tinggi. Dan ini semua yang mengatur adalah driver Nvidia tersebut. yang bisa kita lakukan kita bisa manual pilih program mana yang akan menggunakan NVIDIA dari utility NVIDIA drivernya ( dengan syarat switch berjalan dengan normal).
      Solusi saya sewaktu dapat masalah ini adalah: 1. update driver ke versi terbaru . 2. roll back driver ( uninstall driver dan intall driver bawaan dari notebook) 3. Install ulang OS dan driver ( prefer driver bawaan)
      pengalaman saya sampai langkah ke 2 sudah berhasil normal. kalau semua sudah normal, bikin image windowsnya/ backup windows sebagai image supaya kalau tiba2 ada masalah dan mau install ulang ga perlu report ngulang semua.
      saat ini NVIDIA saya berjalan normal dan tidak ada masalah switching lagi.Semoga bisa membantu.
      NB: Optimus hanya bisa berjalan di windows 7 platform.

  3. kalo ACER pake driver dari NVIDIA bisa gak

    • Acernya tipe apa ya? ada NVIDIAnya ga ?


Tinggalkan komentar

Kategori